MAYBRAT LUXEXORIENTE.COM – Kreatif seorang anak kecil usia 7 tahun yang masih duduk di bangku kelas satu SD YPPK Santo Petrus Yarat-Konja namanya Agustinus Bame mendorong gerobak sambil jalan – jalan untuk  menjual daun gatal, kata agus pada saat di temuai di tengah jalan gang Kampung Yarat Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat,Provinsi Papua Barat bahwa, ia membantu kedua orang tuanya untuk berjualan, kata agus bahwa pada saat dia dorong gerobak sambil jualan  daun gatal, sedangkan mamanya Tineke Baru  juga berjualan sayur di pasar kampung Konja. Daun gatal yang didorong Agus dengan gerobak tersebut laku terjual sampai habis.

Daun gatal merupakan  obat-obatan herbal alam yang berasal dari hutan bumi Papua. Daun gatal ini digunakan ketika badan terasa pegal-pegal atau kecapaian, obat herbal (daun gatal) ini gunanya untuk melancarkan peredaran darah ketika digosok atau dikenakan pada bagian tubuh yang terasa pegal. Daun gatal ini biasanya digunakan oleh masyarakat Papua di kampung-kampung perkotaan sebagai salah satu obat terapi alternatif.

Kedua orang tua dari Agustinus Bame yaitu bapak Aloyisus Bame dan ibunda Tineke Baru berlatar belakang sebagai petani.Ppenghasilan mereka tidak seperti para pegawai yang mendapatkan gaji tiap bulan kata ibunda Tineke Baru saat di temui  di rumahnya Kampung Yarat Timur,Distrik Aifat Utara Kabupatn Maybrat, Provinsi Papua Barat, pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus  tahun 2020.

Ibunda dari Agustinus Bame membenarkan bahwa dirinya sebagai ibu dari Agustinus, dia juga merasa bangga ketika anaknya kreatif untuk belajar dagang. Selanjutnya ibunda berharap agar dengan menjual barang-barang hasil kebun agar dapat membantu ekonomi rumah tangganya.

Dengan menjual bukan berarti membatasi semangat Agus untuk melanjutkan sekolah, Agus saat ditemui mengatakan bahwa dirinya sekarang masih sekolah di bangku SD kelas 1 dan cita cita masa depan Agus yaitu dia harus menjadi seorang Pilot, dia tetap rajin masuk sekolah kata Agus saat di temui dengan tatapan muka sambil berbincang – bincang untuk mengikuti irama proses penjualan daun gatal yang di dorong oleh Agus keliling Kampung Konja Raya.

Ini adalah hal luar biasa yang dilakukan oleh seorang pria kecil Papua yang bernama  Agustinus Bame dalam usianya yang masih belia, hal yang dilakukan ini sangat jarang terjadi di semua anak muda Papua yaitu jiwa wira usaha. Hari ini memulai jiwa wirausaha dengan menjual daun gatal semoaga adik Agus bisa terus semangat dalam menggapai masa depanya, karena tanah Papua masih membutuhakan orang seperti adik Agus.

Kuntributor: Cibat Fraren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *