MAYBRAT, LUXEXORIENTE.COM – Setelah meninggalnya Almarhum Drs.Paskalis Kocu, M.Si sampai sekarang kursi  02 KabupatenMaybrat masih kosong. Terkait hal tersebut Ketua DPRD Kabupaten Maybrat Ferdinando Solossa, S.E hari Kamis 10 September 2020 mengatakan  pihaknya bersama ke 20 Anggota DPRD Maybrat lainnya telah bersepekat bahwa proses untuk pembahasan maupun sampai ke mekanisme untuk pengajuan Wakil Bupati Kabupaten Maybrat yang baru dilaksanakan setelah 40 hari sejak meninggalnya almarhum Drs.Paskalis Kocu, M.Si.

Fernando juga mengatakan bahwa setelah 40 hari maka ada bebarapa mekanisme  yang perlu dilakukan untuk mengisi kekodongan kursi Wakil Bupati kabupaten Maybarat adalaah seperti berikut ini: yang pertama yaitu kami anggota DPRD kabupaten Maybrat periode 2019-2024 akan membentuk pansus untuk bekerja mempersiapkan segala hal terkait pergantian kursi 02 Kabupaten Maybrat tersebut.

Selanjutnya Nando menjabarkan bahwa pansus tersbut akan menyurati partai koalisi pemenang pilkada tahun 2017 pasangan Sagrim Kocu (Sako)  untuk mengajukan nama calon Wakil Bupati yang Baru yang mana harus lebih dari satu orang.

Kemudian langkah selanjutnya adalah pansus akan memverifikasi dokumensyarat-syarat calon pengganti wakil bupati maybrat periode 2017-2022, setelah siyarat sudah terpenuhi maka proses seleksi akan dilanjutkan sampai pada penetapan bakal calon wakil bupati Kabupaten Maybbrat dan seterusnya nama bakal calon diserahkan kepada sidang teman-teman anggota DPRD Kabupaten Maybrat yang berjumlah 20 Orang untuk melakukan sidang paripurna penetapan wakil bupati kabupaten maybrat periode 2017-2022.

Hal tersebut dilakukan karena sesui dengan amanat dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daeraah yang mana menegaskan bahwa masa jabatan itu seketika di atas 18 bulan maka wakil Bupati harus dipilih oleh DPR Tutup Nando. (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *