Foto Yosep Kowawin

MAYBRAT, LUXEXORIENTE.COM – Kepala Distrik Aifat Timur dan Staf Ahli Bupati Bidang Pengendalian dan Pengawasan Kabupaten Maybrat yang baru dilantik dua minggu lalu langsung diperintahkan untuk mengantarkan Masyarakat kembali ke Distrik Aifat Timur.

Kepala Distrik Aifat Timur Christrianus Frabuku, S.Pd mengatakan bahwa dirinya yang baru dilantik langsung mengantarkan Masyarakatnya pulang ke Ibu Kota Distrik Aifat Timur, Yaitu Aisa sesuai amanat perintah saat dilantik oleh Bupati Kabupaten Maybrat. “Saya bersama Pak Staf Ahli hari ini antar sekitar 30 Masyarakat pulang ke Aifat Timur dengan 3 mobil hilux. Mobil itu juga muat Bama (Bahan Makanan) untuk kebutuhan makan minum selama disana”, Kata Kepala Distrik Aifat Timur di Jembatan Kamundan saat memasuki Wilayah Aifat Timur pada Kamis, (10/02/2022).

Sambung Christianus Frabuku bahwa kami telah mengantarkan masyarakat pulang karena telah merindukan kampung halamannya sendiri yang sudah sekian lama ditinggalkan selama delapan bulan pasca tragedi kemanusian di Kisor September 2021. “Tekad kami mau bawa pulang masyarakat dari tempat pengungsian ke negerinya sendiri karena sudah sekian lama mereka tinggalkan rumah, kekayaan, gereja dan sekolah selama delapan bulan”, ujar Christianus Frabuku.

Hal senada juga disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pengendalian dan Pengawasan Kabupaten Maybrat, Bapak Obed Syama, S.Sos, M.Si bahwa seluruh masyarakat Aifat Timur Raya yang saat ini tersebar dimana-mana, pemerintah akan segera mengupayakan untuk kembalikan mereka ke kampung halamannya. Dan mengantarkan Kepala Distrik yang baru dilantik untuk diserahkan kepada Masyarakatnya di Distrik Aifat Timur. “Saya selaku Staf Ahli dan secara khusus sebagai Putra Asli Aifat Timur mengantarkan Masyarakat saya kembali ke kampung halamannya dan menyerahkan Kepala Distrik Aifat Timur di Ibu Kota Distrik untuk menjalankan tugas peneyelenggaraan pemerintah di tingkat Distrik bersama Masyarakat”, Ujar Pak Staf Ahli Obed Syama berharap semua pihak mendukung proses yang ada untuk memulangkan Masyarakat ke kampung halamanya masing-masing. “Masyarakat kami baik dari Aifat Selatan, Aifat Timur Selatan, Aifat Timur Jauh, Aifat Timur dan Aifat Timur Tengah diharapkan kembali ke kampung masing-masing untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya”, Kata Obed Syama Lanjut, Syama menegaskan untuk Wilayah Aifat Timur Raya lebih khusus Aifat Timur dan Aifat Timur Jauh sementara ini Aman dan terkendali.

Terkait keamanan dan ketertiban Masyarakat adalah tanggungjawab dan Kerjasama Masyarakat dengan semua pihak mulai dari masing-masing kampung sampai di tingkat distrik. “Soal keamanan dan ketertiban Masyarakat kembali pada tanggungjawab dan kerjasama semua pihak”, Tutup Obed Syama, S.Sos, M.Si

 

Penulis : Yosak

Editor: MA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *