MAYBRAT, LUXEXORIENTE. COM – Pemerintahan Distrik Aifat Timur Jauh Kabupaten Maybrat telah berhasil mengadakan Musyawarah Distrik (MUSDIS) Program Pembangunan Kampung Tahun Anggaran 2021 di Kampung Ainesra, Ibu Kota Distrik Aifat Timur Jauh pada Senin, 23/11/2020).

Kepala Distrik Aifat Timur Jauh, Bernadus Aikingging, S.Ag kepada media ini menyampaikan ucapan terimkasih atas kerjsama baik dengan Pendamping (Samuel Sory dan Fransiskus Bame) bersama kepala kampung telah menyelenggarakan Musyawarah tingkat Distrik dengan menyepakati program pembangunan untuk tahun 2021.

Bernadus Aikingging menjelaskan ada dua agenda yang dibahas yaitu Musyawarah Distrik dan Musyawarah Kampung untuk Dana Desa dan menetapkan Program Strategi Pembangunan Kampung (Prospek) untuk tahun 2021 yang bersumber dari anggaran Otonomi Khusus Papua.

“Kita dapat kucuran dana itu dari Pemprov Papua Barat di Penghujung tahun, jadi waktu kita tinggal kurang lebih satu Minggu ini, pencairan untuk tahap pertama harus dibuat laporan supaya ada pencairan tahap kedua lagi karema waktu kita terbatas mengingat seluruh anggaran kas tutup pada tanggal 14 Desember 2020”, ungkap Nando Aikingging, sapaan akrap Kepala Distrik Aifat Timur Jauh ini.

Lanjut Nando, ada Empat Program Prioritas dari dana Prospek yaitu Kesehatan, Pendidikan, Infrastruktur dan Pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dari empat program itu kita sepakati mana yang lebih simple untuk dilaksanakan di waktu yang sisa bulan tahun ini.

Nando berharap dengan adanya dana yang besar ini dapat menopang pemerintahan kampung dan diimplementasikan di lapangan agar betul-betul manfaatnya dapat dinikmati oleh semua warga di Ditsrik Aifat Timur Jauh.

Hal seirima juga dikatakan oleh salah satu Pendamping Distrik Aifat Timur Jauh yang enam tahun mengabdi disana, Samuel Sorry bahwa pihaknya sudah melaksanakan Musyawarah tingkat Distrik dan Musyawarah Kampung sekaligus Sosialisasi Program Pembangunan yang telah mendapat saran dari pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Pusat agar dilakukan mendahului tahun anggaran 2021.

Sebagai Pendamping yang lama di tempat ini, walaupun berada pada wilayah yang sangat jauh diantara perbatasan Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Teluk Bintuni, tapi kami berhasil menyelenggarakan Musdis, meskipun ada kekurangan tapi kami selalu melewatinya.

“Akses infrastruktur jalan yang sangat sulit dijangkau tidak menjadai penghalang bagi kami untuk terus eksis melayani masyarakat Distrik Aifat Timur Jauh termasuk hari ini kami berhasil mengadakan Musyawarah Tingkat Distrik”, Kata Sem Sory, Pendamping Distrik Aifat Timur Jauh.
“Pesan saya untuk Pemerintah Kampung dan Distrik Aifat Timur Jauh terus memanfaatkan bantuan dana dari pemerintah sebaik-baiknya sehingga Distrik ini kedepan labih baik dan maju”. Tutup Sem.

Reporter : Seppy
Penulis : Yosak
Editor :MA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *