foto dok: Cibat Fraren, Pada saat misa Requiem Menghormati Almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si di gereja St. Yoseph Ayawasi

MAYBRAT, LUXEXORIENTE.COM – Almarhum Drs. Paskalis  Kocu, M.Si dimakamkan pada hari  kamis 27 agustus 2020 di Ayawasi samping halaman rumahnya. Dalam prosesi pemakaman sesuai dengan tradisi ajaran Gereja Katolik Roma maka almarhum Drs.  Paskalis Kocu, M.Si  didakan perayaan  Misa Requiem. Pelepasan jenasah almarhum dari kediamanya Jl.Freteo Ayawasi  akan diantar menuju gereja Katolik Santo Yoseph Ayawasi  untuk dilakukan misa requiem. Misa reqiuem tersebut dipimpin oleh uskup manokwari sorong, Mgr, Hilarion Datus Lega, Pr dan  para biarawan biarawati. Dalam perayaan ini turut hadir Bupati Kabupaten Maybrat Drs. Bernard Sagrim, MM, bupati Kabupaten Sorong Dr. Joni Kamuru, S.H., M.Si  dan Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggeluli, SE  , dan anggota DPR Provinsi Papua Barat, anggota DPR Kabupaten Maybrat, anggota MRP Papua Barat, asisten II Provinsi Papua Parat, serta seperangkat OPD Kabupaten Maybrat.

Sebelum prosesi misa requiem berlasung, Almarhum Wakil Bupati Maybrat Drs. Paskalis Kocu, M.Si diantar oleh mobil ambulace dari rumah duka menuju gereja, dan jenasah diturunkan di depan gereja selanjutnya diperarakan dari pintu gereja sambil masuk ke depan altar, dan jenasah almarhum diletakan persis  di depan altar Gera Katolik Santo Yoseph Ayawasi.

Dalam misa requiem,  Uskup Keuskupan Manokwari Sorong  Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr dalam khotbahnya menceritakan kisah kehidupan almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si  dalam proses kehidupan dari Kabupaten Tambrauw sampai Kabupaten Maybrat  kata Uskup, dia sudah tau dan kenal almarhum sudah lama, dan beliau juga orang yang baik rendah hati, dalam kotbah tersebut uskup menyampaikan dia dengar informasi  bahwa kematian almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si itu posisi saya (Uskup) berada di Fakfak, dan Uskupun kejar dengan kapal dari Fakfak menuju Sorong dan lanjut ke Ayawasi Maybrat, karena dia merasa kehilangan sosok seorang seperti almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si. Dia  itu orang yang selalu mengabdi banyak  khususnya untuk Gerja Katolik Keuskupan Manokwari-Sorong baik dalam bentuk konsep pemiikiran maupun dalam bentuk Material.

Usai misa requiem, dalalm sambutannya Jhon Fatie menyampaikan kesan dan pesan mewakili keluarganya almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si, dalam penyampaian tersebut, jhon fatie mengatakan bahwa kita orang Maybrat harus sadar dengan situasi dan kondisi yang dulu maupun yang sekarang kita hadapkan, kata Jhon Fatie, sebaiknya kita ke 3 distrik besar Maybrat yang terdiri dari Ayamaru, Aifat, dan Aitinyo atau disebut A3 harus melakukan kegiatan rekonsiliasi untuk mewujudkan perdamaian di kabupaten Maybrat ini,kata jhon. Dan jhon juga dirinya mewakili keluarga duka mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mana sudah dapat mendukung  dalam bentukpikiran maupun material akhirnya proses pemakaman almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si bisa berjalan baik dan aman sampai hari ini.

Dalam sambutan kedua, Bupati Kabupaten Maybrat, Drs. Bernad Sagrim, MM mengatakan bahwa dia sangat kesal dengan kematian almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si, Sagrim mengharapan kepada semua keluarga jangan bahas yang menyinggug perasaan, kita ni semua hidup akan di atur oleh Yang Maha Kuasa, Tuhan punya mau lain kita manusia punya mau lain kata sagrim.

Lanjut kata Sagrim, ibu dan anak yang di tinggalkan almarhum akan disampingi oleh tangan pemerintah, dan beliau sendiri mengungkapkan bahwa dia jadi Kabak Keuangan Kabupaten Sorong, dan almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si jadi Kepala Distrik di Fef sekarang ibu Kota Kabupaten Tambrauw, dia pernah carter pesawat AMA untuk  muat bantuan bama ke Distrik Fef untuk membantu kepala distrik Almarhum, dan dia jadi karateker Bupati di Kabupaten Maybrat Tahun 2009, paskalis kocu dilantik menjadi kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan dia jadi bupati definiti tahun 20011 Drs. Paskalis Kocu, M.Si dapat di lantik sebagai kepala dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Maybrat, dan tahun 2017 dia ambil paskalis kocu jadi Wakil untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten maybrat periode 2017 -2022, impian tersebut bisa terwujud makanya dia jadi bupati dan almarhum Drs. Paskalis Kocu, M.Si jadi wakil bupati, jadi harapan sagrim bahwa semua keluarga duka  semua kita terima almarhum paskils kocu karena itu rencana Tuhan bukanlah rencana manusia, kita pnya rencana lain tapi tuhan pnya rencana lain, tutup Bes.(Cibat Fraren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *