SORONG, LUXEXORIENTE.COM – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Papua selenggarakan pelatihan pembangunan pertanian berkelanjutan bersama dengan masyarakat Mare Raya di Kota Sorong.

Kegiatan pelatihan tersebut berhasil dilaksanakan oleh kelompok PKBM Insan Papua di aula YPK II Maranatha Kota Sorong pada tanggal 3-4 Desember 2021.

Sasaran kegiatan ini adalah guna meningkatkan skil pengolahan kacang merah menjadi tepung dan bahan baku lainya untuk pembuatan kue.

Dalam momentum ini Moses Nau Ketuaembaga PKBM Insan Papua menuturkan bahwa PKBM Insan Papua ini dididirikan pada tahun 2011, dan telah melakukan beberapa kegiatan di masing-masing bidang dalam struktur pengurus PKBM Insan Papua, dan yang sekarang dilakukan ini adalah program di bidang pertanian.

Moses juga berharap kegiatan ini bermanfaat untuk mengali potensi masyarakat lokal di wilayah Mampung Seya atau wilayah Mare seluruhnya yang berada di Kabupaten Maybrat, untuk bagaimana mengembangkan sumberdaya ekonomi bagi masyarakat kapung, terutama mengembangkan pertanian dari sosi kacang merah.

Lanjut moses bahwa di kampung juga banyak masyarakat yang sudah menanam kacam merah beberapa hektar, dan mempunyai banyak manfat yang akan digunakan.
Menurut Moses kacang merah harus ditingkatkan kedepan bagi masyarakat di Kabupaten Maybrat.

Dalam kesempatan baik ini, Esterlina yang juga sebagai masyarakat yang ikut dalam kegiatan pelatihan tersebut, mengungkapkan bahwa dari dulu manfat kacang merah di kalangan masyarakat bahwa hanya tau untuk bagaimana di kelola untuk konsumsi seharu -hari saja, tetapi tidak tau untuk bagaimana di kelola bisa jadi tepung maupun di buat jadi kue, namun sekarang sudah sudah tau dan mengerti semua terkait manfat dari kacang merah, yang mana untuk meningkatkan pengahasilan besar untuk meningkatakan ekonomi masgatakat lokal.

Selanjutnya kegiatan pelatihan ini juga akan di buat di kalangan masyarakat di kampung-kampung supaya masyarakat harus mengerti dan paham terkait manfat ekonomis dari kacangdan bagk rumah tangga.
ESterlina memberkma. Apresiasi apresiasi kepada penyelenggara kegiatan ini, karena dengan tetlaksananya kegiatan yang mana dapat mengembangkan potensi ekonomi kehidupan bagi masyarakat lokal, tutup Esterlina.

Penulis: Cibat Fraren
Editor: MA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *