KAIMANA,  LUXEXORIENTE. COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kaimana menggelar bimbingan teknis dan simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Papua, Jumat (27/11/2020) untuk PPD sekabupaten Kaimana. Dominika Hunga Andung Komisioner KPUD Kabupaten Kaimana mengatakan bahwa bimtek tersebut dilaksanakan untuk dapat mempersiapkan sumber daya penyelenggara badan Ad Hoc di tingkat bawa baik PPD, PPS dan KPPS.

” Bimtek tersebut dilaksanakan
Bagaimana KPU menyiapkan sumber daya penyelenggara badan Ethok di tingkat bawah baik PPD, PPS maupun KPPS dalam menjalankan tahapan pungut, hitung rekapitulasi perolehan hasil itu benar-benar taat adaminastrasi sehingga tidak keluar dari norma hukum.” Pungkas Dominika

Di samping itu lanjut Dominika bahwa pihaknya juga akan mereview persoalan-persoalan di pemilu sebelumnya. Hal ini bertujuan agar pihaknya dapat meminimalisir persoalan tersebut. ”
” Kita juga mereview persoalan-persoalan di pemilu sebelumnya, sehingga jika persoalan-persoalan itu ada di tingkat penyelenggara maka kita bisa meminimalisir” ungkap Dia.

Bimtek pada hari ini hanya untuk PPD, namun kata Dominika bahwa dalam 3 hari kedepan pihaknya melakukan bimtek pada KPPS selama 3 hari sebelumnya yang di bagi menjadi 3 gelombang

Selain bimtek pihaknya jug melakukn simulasi pencoblosan di TPS dengn memperhatikan protokol kesehatan.

“Target kami adalah untuk pastikan bahwa memang mereka benar-benar mampu melaksanakan penyelenggaraan pungut hitung tingkat TPS itu yang kami pastikan dalam bimtek besok.” Tutup Hunga.

 

Pewarta: AR

Editir: MA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *