MYBRAT, LUXEXORIENTE.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  ( DPRD ) Kabupaten Maybrat yang terlibat dalam Panitia Khusus ( PANSUS ) Melakukan kegiatan rapat bersama dengan para kepala distrik, para kepala kampung dan para tokoh serta intelektual Aifat Timur Raya untuk membicarakan Tapal Batas Antara Kabupaten Maybrat Dengan Kabupaten Teluk Bintuni.
Dalam Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pansus kabupaten Maybrat , Iginasius Baru, A.Md .,Tek .
Dalam rapat pansus tersebut Igin menyampaikan bahwa Pansus Tapal Batas dari DPRD Kabupaten Maybrat ini terbentuk karena kebutuhan daerah dan luas wilayah Kabupaten Maybrat ini 5.000 meter persegi  sebagaimana sesuai dengan Undang – Undang Pemekaran Kabuaten Maybrat Nomor 13 Tahun 2009.
Pansus ini dibentuk dalam rangka penyelesaian tapal batas antara Kabupaten Maybrat dengan Kabupaten tetangga lainya agar bisa di terbitkan Peraturan Pemerintah (PP) supaya dapat memperkuat kawansan wilayah batas Kabupaten Maybrat dan Kabupaten lainya.
Karena Persoalan tapal batas ini juga dapat mempengaruhi beberap aspek yaitu berpengaruh pada Dana Alokasi Umum ( DAU) dan luas beberapa wilayah ini sebagai potensi, harus direbut karena  bisa menambah Pendapatan Asli Daerah untuk Kabupaten Maybrat, karena sekarang Kabupaten Maybrat hanya berharap pada transfer pusat, karena PAD kabupaten ini belum digenjot banyak dari beberapa aspek yaitu Sumber Daya Alam, pajak dan distribusi, kata Iginasius Baru yang di temui diruangan rapatnya pada hari rabu 30 september 2020.
Lanjut igin bahwa saat ini dari pihak legeslatif sudah berkomitmen dengan Bupati Maybrat Drs. Bernad Sagrim, MM untuk bagaimana urus tapal batas Kabupaten Maybrat dengan Bintuni tetlebih dahulu. Kemudian dilanjukan dengan urus tapal batas Kabupaten Maybrat  dan Kabupaten Sorsel serta Kabupaten Maybrat dengan Kabjpaten Tambrauw.
Selanjutnya Nando Aigingging, S.Ag kepala Distrik Aifat Timur Jauh menyatakan Bahwa dia bersama masyarakat siap mendukung langkah – langkah yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten amaybrat tetkait tapal batas Kabupaten Maybrat dengan kabupaten Teluk Bintuni, dan nado juga berharap supaya Pansus yang dibentuk oleh pihak Legeslati agar bisa dapat menyelesaikan tugas tersebut karena wilayah perbatasan Kabupaten Maybrat dengan Kabupaten Bintuni masih belum di ketahui di mana batas persis wilayah Kabupaten Maybrat dan dimana batas Wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.
Nando juga berharap supaya Dana APBD Perubahan  Kabupaten Maybrat tahun 2020 ini diangarkan besar supaya bisa diselesaikan tapal batas tersebut, tutup nando aigingging.
Reporter: Cibat Fraren
Editor: MA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *