KAIMANA,  LUXEXOROENTE. COM – Bupati Kaimana memastikan bahwa setiap distrik di kabupaten Kaimana akan segera di mulai pembangunan. Terlebih distrik-distrik yang selama ini masih minim oleh pembangunan.

“ Berkaitan pembangunan infrastruktu di wilayah distrik, ke depan Distrik Yamor akan di bangun sehingga menjadi distrik termaju setelah kabupaten Kaimana.” Ungkap Bupati Kaimana Fredy Thie dalam mengikuti konsultasi rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Kaimana tahun 2021-2026 yang di selenggarakan di Gedung Pertemuan Kasuarina,Sabtu (19/6/2021).

Ada sejumlah fasilitas yang akan menjadi sasaran utama pembanguna distrik Yamor yang menurutnya perlu menjdi perhatian serius oleh pemerintah daerah di masa kepemimpinannya pada periode 2021-2021.

Yamor menjadi sasaran utama selain masih minim fasilitas, tetapi juga karen distrik Yamor merupakan salah satu distrik yang berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten di papua yakni kabupaten Mimika dan Nabire dan Juga Wasior.

“ Kenapa perlu menjdi perhtian karena di berbatasan dengan sejumlah kabupaten yang ada di Papua Yamor perlu mendapatkan perhatian di masa kepemimpinan kami.” Ungkap Fredy.

Dia menjelaskan bahwa ke depn pihaknya merencanakan untin memaksimalkan pembangunan jalan, perumah dan juga lapangan penerbangan pesawat perintis untuk melayani masyarakat.

“ Kami yakin di masa kepemimpinan kami dan adik Hasbullah kami yakin Distrik Yamor akan menjadi distrik termaju di Kabupaten kaimana, fasilitas yang masih kekurangan yakni jalan, Bandara perintis dan fasilitas lain. Saya juga berharap bukan hanya di Distrik Yamor tapi setiap Distrik.” Jelas dia.

Kodim 1804 Dampingi Polres Gelar Vaksinasi Di Distrik Teluk Etna.

Rupanya Vaksinasi tahap pertama bukam hanya dilakukan di wilayah RT, namun kegiatan Vaksinasi Tahap I dalam rangka  Akselerasi Program Vaksinasi Nasional Berbasis Presisi Polri Menuju Herd Immunity di Indonesia dilakukak juga di Distrik Teluk Etna tepatnya di Kampung Syawatan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu 19 Juni tersebut dibekap langsung oleh Kodim 1804 dan tim kesehatan kabupaten Kaimana. Dengan sasaran utama kepada warga masyarakat umum maupun Karyawan dan petugas pelayan publik PT Amiranus Desa Syiawatan Distrik Teluk Etna Kab. Kaimana.

Turut terlibat dalam vaksinasi tahap pertama tersebut antara lainTim Gustu Covid 19 yang di pimpin oleh kepala Seksi Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana Maria Ketty Adopak, Amd. Kes, Kasubag Humas Polres Kaimana AKP Mahpud Sopaheluwakan, Babinsa Desa Syiawqta Sertu Hamsah.

Kegiatan Vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar dengan jumlah masyarakat dan Karyawan PT. Amiranus berjumlah 140 orang  yang mengikuti vaksinasi.

“ kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke 75. Jadi, tak hanya di di kota kami juga melakukan va vaksinasi untuk masyarakat di Kampung dan karyawan PT. Amiranus. Hal ini guna untuk memutuskan penyebaran mata rantai Covid 19.” Jelas Kasubag Humas Polres Kaimana AKP Mahpud Sopaheluwakan

Lanjut dia bahwa, vaksinasi yang dilakukan oleh masyarakat dan karyawan PT.Amiranus, berjumlah 140 peserta dengan jumlah yang tersedia 20 Vial atai 200 dosis.

“ Kami berencana juga melakukan vaksinasi ke setiap kampung-kampung yang ada di kabupten Kaimana dalam waktu dekat ini sehingga dapat memutuskan mata rantai virus Covid 19.” Terang Mahpud.

Polres Kaimana Mulai melakukan Sosialisasi KTL-Pro Mansinam

Setelah di Lauching Kawasan Tertib Lalu Lintas Protokol Kesehatan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat beserta Kapolda pada tanggal 16 Juni kemarin. Polres Kaimana mulai melakukan sosialisasi KTL-Pro Mansinam di Jalan Trikora tepatnya Taman Joko-Iriani.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan oleh Satlantas dan SatSabhara, Subden POM-AD, Dishub serta Saka Bhayangkara di taman Joko-Iriani, Sabtu (19/6/2021)9

“Kegiatan Sosialisasi ini akan dilaksanakan mulai dari bulan Juni sampai dengan Bulan Juli ke depan. Tadi hanya kita sementara satgas Covid 19 dan Satpol belum hadir” tandas Kapolres Kaimana AKBP Iwan P Manurung SIK melalui Kasat Lantas Polres Kaimana Iptu Yosias

Dalam sosialisasi tersebut polres Kaimana membagikan 50 Stiker, 30 Brosur, dan 25 buah Masker yang dibagikan kepada masyarat. Sementara itu 2 buah spanduk juga ditancapkan di lokasi tersebut.

” Kami menyebarkan Brosur, Stiker, dan Spanduk yang bertuliskan tentang KTL-Pro Mansinam.  Dan hyga 25 Buah Masker yang telah kami bagikan kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker.” Jelas dia.

Mantan Bupati Periode Pertama Minta Pemkab Budidayakan Hasil Pangan Lokal.

Mantan Bupati Kaimana Drs Hasan Achmad Aituarauw memberikan saran kepada pemerintah kabupaten Kaimana untuk selalu memperhatikan hasil bumi lokal untuk dapat dibudidayakan.

“Kaimana mempunyai hasil alam yang dapat di budidayakan selain pisang dan pala ada juga Sagu dan Tanaman Labu di Lobo yang dapat menjanjikan untuk di dibudidayakan.” Ungkap Hasan saat mengikuti Kegiatan mengikuti konsultasi rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Kaimana tahun 2021-2026 yang di selenggarakan di Gedung Pertemuan Kasuarina,Sabtu (19/6/2021).

Sagu perlu di budidayakan mengingat bahwa kabupaten Kaimana mempunyai hutan sagu yang cukup luas dan menjanjikan jika di produksi.

“Tanaman Labu juga pada jaman Jepang memiliki produksi yang cukup menjanjikan. Dulu pada jaman Jepang ke Papua labu merupakaj hasil alam yang dapat di ekspor ke luar daerah Kaimana, memiliki kualitas yang cukup baik.” Ungkap Hasan.

Kaimana memiliki hasil alam yang banyak dan baik. Hal ini tentu akan memberikan salah keuntungan bagi pemerintah daerah. Hasan menghimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan perhatian untuk pertanian.

Hasan juga memperingati pemerintah untuk mengelola hutan dengan baik tentu demi kesejahteraan masyarakat Kaimana.

“ Potensi di Kaimana juga banyak, salah satunya adalah hutan, perlu ada budidaya hutan dengan baik sehingga dapat meningkatkan PAD masyarakat bukan hanya untuk investasi. Salah satu contohnya adalah hutan lebah yang dapat memproduksi  madu.” Tutup Hasan

 

Pewart : AR

Editor  : MA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *